Membuat kandang kelinci sederhana

22.46 Posted by KELINCI UNGGUL

Bagi sebgaian orang yang ingin mencoba beternak kelinci umumnya mengeluhkan masalah kandang. Memelihara kelinci yang baik harus disertai dengan kandang yang baik pula. Biasanya masalah kandang menjadi faktor penghambat para peternak awal yang ingin memelihara kelinci. Sebenarnya ada cara yang mudah untuk mengatasinya yaitu anda harus membeli dulu bibitnya kemudian siapkan kandangnya. cara ini ternyata sangat efektif untuk menggerakkan girroh peternak untuk segera membuat kandang kelinci. Membuat kandang kelinci yang sederhana dengan modal yang sedikit bisa kita lakukan dengan cara membeli bahan-bahan yang sederhana misalnya bahan dari bambu dan dibuat susun/bertingkat. Menurut pengalaman untuk membuat kandang dengan jumlah 12 kotak menghabiskan dana kurang lebih Rp 250.000,- dengan spesifikasi bahan adalah bambu, kawat ram, rangka kayu, dan paku secukupnya. Untuk menekan biaya untuk engsel dengan menggunakan karet ban bekas dengan kunci yang terbuat dari potongan bambu yang sudah dibuat sedemikian rupa.
Anda jangan berfikir untuk membuat kandang yang bagus dan mahal tetapi berfikirlah membuat kandang yang bagus dengan bahan yang lumayan bertahan lama dan apabila rusak sudah kembali modal anda membuatkandang. Artinya selama kandang berfungsi kita sudah memperoleh hasil yang maksimal sehingga melebihi titik impas.
Memulai bisnis kelinci dengan sekala besar dengan modal yang pas-pasan lumayan sulit , untuk itu salah satu jalan adalah dengan menekan biaya pembuatan kandang tanpa harus menurunkan kualitas ternak. Yang terpenting adalah bagaimana kelinci merasa nyaman dikandang. Tentunya ada syarat yang mutkak harus terpenuhi selain kelayakan kandang yaitu adanya pasokan pakan yang istiqomah dan mempunyai nilai gizi yang cukup sehingga kelinci tidak stres yang akhirnya berujung pada penggrusakan kandang. Semoga menjadikan tambah ilmu dan bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar