Kelinci Anda Terkena Gudik (Scabies)??

20.58 Posted by KELINCI UNGGUL


GUDIK (SCABIES)
Gudik (Scabies) merupakan endoprasit/atau kutu yang ukurannya mikroskopik yang hidup di jaringan kulit. Parasit ini mampu membuat kelinci merasa menderita gatal yang sangat. Penyakit yang disebabkan oleh parasit ini lebih dikenal dengan sebutan gudik.
Gudik sering menjangkit kelinci disebabkan karena buruknya salinitas kandang. Kandang yang mempunyai salinitas rendah rentan terhadap gudik.

PENYEBARAN PENYAKIT

Sekilas kutu Sarcoptes scabiei. Sarcoptes scabiei adalah kutu (atau tungau) mungil berwarna putih transparan, berbentuk bulat lonjong. Ukuran kutu (tungau) betina 0,3-0,4 mm, sedangkan si jantan setengah dari ukuran betina. Di luar kulit, kutu ini hanya dapat bertahan hidup 2-3 hari pada suhu kamar dan kelembaban 40-80%. Kutu betina dapat hidup di kulit selama 30 hari, setelah itu mati di ujung liang yang dibuatnya.

Cara berkembang biak dan penularan:

Setelah membuahi kutu betina maka si pejantan mati. Kutu betina yang sudah dibuahi akan membuat liang terowongan di kulit, kemudian bertelor sekitar 40-50 butir telor, dan akan menetas setelah sekitar 3-5 hari. Hasil penetasan (larva) kutu tersebut keluar ke permukaan kulit dan tumbuh menjadi kutu dewasa dalam waktu sekitar 16-17 hari. (referensi lain menyebutkan 10-14 hari). Penyakit Skabies (gudik) acapkali sulit diberantas karena terjadinya penularan ulang atau mis diagnosis.

CIRI-CIRI KELINCI YANG TERJANGKIT GUDIK
Kelinci yang terserang parasit scabies menunjukkan ciri-ciri khusus. Berdasarkan pengamatan kelinci yang terkena scabies adalah sebagai berikut:

  1. Kelinci mengoyang-goyang kepala atau menggaruk-garuk bagian yang terjangkit gudik
  2. terjadi penandukan yang sangat pada jaringan kulit
  3. nafsu makan menurun
  4. mata terlihat sayu
  5. kelinci tidak aktif bergerak
  6. berat badan menurun
sedangkan bagian tubuh yang sering terkena gudik adalah bagian telinga, hidung, dan kaki bagian bawah.

CARA PENCEGAHAN DAN PENGOBATAN
Pencegahan yang dilakukan untuk mengatasi gudik adalah:
  1. Bersihkan kandang setiap hari
  2. Buang pakan hijauan yang tidak habis selama sehari
  3. Atur sanitasi kandang sebaik mungkin, jangan terlalu lembab dan terlalu panas yang sedang-sedang saja/ suhu ruangan
  4. Bila kelinci terjangkit, maka pisahkan dengan yang lainya karena penyakit ini menular
  5. Obati dengan obat dengan merek dagang Wormectin dengan dosis 0,02/kg berat badan tiap hari atau tunggu reaksi obat selama tigahari. Lakukan dengan cara injeksi pada bagian tengkuk. Suntikan pada bagian bawah jaringan epitel/jaringan kulit.

1 komentar:

Posting Komentar